Senin, 14 Januari 2013

Wireless Broadband


Pasti sudah tidak asing lagi bagi kita yang memang berkecimpung di dunia telekomunikasi dengan istilah ini, Wireless Broadband . Tapi banyak juga masayarakat yang belum mengetahui artinya , padahal sudah lama memanfaatkan teknologi ini . 
Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang Wireless Broadband , Mari kita kenali dulu apa arti dari kedua kata penyusunnya , Wireless dan Broadband

Nah yang pertama mari kita bahas tentang definisi Wireless .

Definisi Wireless
Wireless dapat diartikan sebagai suatu teknik komunikasi atau pertukaran data jarak dekat/jauh tanpa menggunakan kabel . Pada intinya jaringan ini memiliki prinsip dasar yang sama dengan jaringan yang menggunakan kabel , namun bedanya terletak pada pengantar datanya . Jika pada jaringan yang menguunakan kabel pengantar data antar komputernya menguunakan kabel , pada jaringan Wireless proses penyampaiannya melalui udara dengan memanfaatkan jaringa elektromagnetik . 
Definisi dari Wireless sudah kita bahas , yak semoga kalian dapat memahami atau setidaknya memiliki gambaran tentang Wireless . 
Mari kita lanjutkan pembahasan ke definisi dari Broadband

Definisi Broadband
Teknologi internet broadband secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang besar. Kecepatan transfer yang biasa dijanjikan oleh servis broadband sampai sekitar 128 kbps atau lebih . 

Nah itu dia arti dari kata penyusun Wireless Broadband , udah dapat gambrana belum ? hihi . Kalau belum mari kita bahas inti dari Wireless Broadband . 

Definisi Wireless Broadband
Broadband wireless memiliki arti tidak digunakannya kabel untuk mengakses internet. Di sini, air interface digunakan sebagai media transmisi dengan teknologi akses radio yang berbeda. Broadband wireless access adalah langkah besar dalam dunia komunikasi, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dari berbagai titik di sekitar lokasi tertentu. 
Contoh penerapan Wireless Broadband :

  •  Wireless Fidelity (WiFi) 
  •  Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX) 
  •  Wireless local loop
Beberapa teknologi mobile broadband seperti, 3G dan 4G juga dapat dianggap sebagai metode broadband wireless access karena tidak tersedianya koneksi kabel.


Penerapan Wireless Broadband

Wireless Mobile Broadband 
Ketika datang ke broadband mobile, maka hal ini mengacu pada dua hal yakni, kabel dan akses wireless. Secara umum, mobile berarti dapat diakses dari lebih dari satu lokasi, dan pengguna harus membayar penyedia layanan untuk hak istimewa ini. Saat ini, orang mengacu broadband wireless access sebagai mobile broadband.
Teknologi broadband wireless mobile yang dioptimalkan dapat memiliki akses internet lebih cepat bila unit akses bergerak pada kecepatan yang lebih tinggi. Sebagai contoh, teknologi 3G seperti Code Division Access Beberapa Wideband (WCDMA), High Speed Downlink Packet Access (HSDPA), dan High Speed Packet Access (HSPA +) dapat dianggap sebagai teknologi broadband mobile wireless.
Teknologi seperti 4G Long Term Evolution (LTE) dan LTE advanced masuk ke dalam kategori yang sama karena sifat mobilitasnya tinggi, selain memberikan kecepatan data yang juga tinggi. Satelit broadband dapat juga dianggap sebagai teknologi mobile broadband karena kurangnya pembatasan di lokasi akses. Digital Subscriber Line (DSL) dapat dianggap sebagai teknologi mobile broadband jika penyedia layanan memungkinkan pengguna untuk mengakses internet tanpa membatasi mereka ke lokasi tertentu seperti rumah atau kantor, dan yang lainnya.

Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMAX)
WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi teknologi informasi yang mengacu kepada infrastruktur jaringan komputer utama dari suatu jaringan utama ( backhaul)

Elemen Perangkat WiMAX
Elemen/ perangkat WiMAX secara umum terdiri dari :
  • BS di sisi pusat 

Base Station (BS)

Merupakan perangkat transceiver (transmitter dan receiver) yang biasanya dipasang satu lokasi (colocated) dengan jaringan Internet Protocol (IP). Dari BS ini akan disambungkan ke beberapa CPE dengan media interface gelombang radio (RF) yang mengikuti standar WiMAX. Komponen BS terdiri dari:



NPU (networking processing unit card)

AU (access unit card)up to 6 +1

PIU (power interface unit) 1+1

AVU (air ventilation unit)

PSU (power supply unit) 3+1

Contoh konfigurasi BS dapat dilihat di sini .

  • CPE di sisi pelanggan. 
Secara umum Subscriber Station (SS) atau (Customer Premises Equipment) CPE terdiri dari Outdoor Unit (ODU) dan Indoor Unit (IDU), perangkat radionya ada yang terpisah dan ada yang terintegrasi dengan antena.

Contoh konfigurasi CPE dapat dilihat di sini.
  • Antena
Antena yang dipakai di BS dapat berupa sektor 60°, 90°, atau 120° tergantung dari area yang akan dilayani.



Gambar 1.0 Wimax 

Berikut sedikit penjelasan mengenai gambar wiMAX diatas :

  • Sebuah WiMAX tower (BS), mirip dalam konsep ke sebuah menara telepon seluler - Sebuah tower WiMAX tunggal dapat menyediakan cakupan ke daerah yang sangat besar - sebesar 3.000 mil persegi (~ 8.000 km persegi).
  • Sebuah penerima WiMAX (CPE) - Penerima dan antena bisa menjadi kotak kecil atau kartu PCMCIA, atau mereka dapat dibangun menjadi sebuah laptop dengan cara akses WiFi saat ini.
Sebuah stasiun tower WiMAX dapat terhubung langsung ke internet menggunakan bandwidth yang tinggi, koneksi kabel (misalnya, garis T3). Hal ini juga dapat terhubung ke lain menara WiMAX menggunakan line-of-sight, microwave link. Ini koneksi ke menara kedua (sering disebut sebagai backhaul a), bersama dengan kemampuan sebuah menara tunggal untuk menutupi sampai 3.000 mil persegi, adalah apa yang memungkinkan WiMAX untuk menyediakan cakupan ke daerah-daerah pedesaan yang terpencil.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar